image1 image2 image3

HELLO I'M ENDRA YUDA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M BLOGGER FROM BALI|I HOPE THIS BLOG IS USEFUL

Bagaimana membangun hubungan pusat dan daerah berdasarkan bingkai NKRI (bab 3 UUD 1945 Pasal 18 dan UU no 32 Tahun 2004)?

Bagaimana membangun hubungan pusat dan daerah berdasarkan bingkai NKRI (bab 3 UUD 1945 Pasal 18 dan UU no 32 Tahun 2004)?

Dalam membangun hubungan pemerintah pusat dan daerah berdasarkan bingkai NKRI (bab 3 UUD 1945 Pasal 18 dan UU no 32 Tahun 2004) maka diperlukan adanya penerapan efektifitas dalam penyelenggaraan hubungannya serta ketegasan dalam pembagian kewenangannya, dimana Provinsi mempunyai kewenangan mengurus urusan-urusan pemerintahan yang bersifat antar Kabupaten/Kota (regional) yang berdampak regional. Sedangkan Kabupaten/Kota mempunyai kewenangan menangani urusan-urusan pemerintahan yang berskala lokal yang dampaknya lokal. Keterkaitan antara kewenangan dan dampak adalah untuk menjamin akuntabilitas dari penyelenggaraan otonomi daerah tersebut. Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota akan bertanggung jawab atas urusan-urusan pemerintahan yang berdampak lokal. Pemerintah Daerah Provinsi akan bertanggung jawab atas urusan-urusan pemerintahan yang berdampak regional. Sedangkan Pemerintah Pusat bertanggung jawab secara nasional untuk menjamin agar otonomi daerah dapat berjalan secara optimal. Konsekwensinya Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawasi, memonitor, mengevaluasi dan memberdayakan Daerah agar mampu menjalankan otonominya secara efektif, efisien, ekonomis dan akuntabel.
Selain itu komunikasi dan pengawasan antara pemerintah pusat dan daerah haruslah secara koordinasi, dimana setiap kebijakan yang dilakukan oleh suatu lembaga pemerintah daerah maupun pusat dapat dipertanggungjawabkan kepada lembaga pemerintah daerah maupun pusat yang lain, sehingga dengan adanya komunikasi dan pengawasan kinerja yang baik dan adanya pertanggungjawaban atas kinerja yang satu dengan yang lainnya, maka hasil yang di dapat dalam upaya membangun potensi daerah akan dirasa dan dilihat langsung oleh masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan langsung kepada masyarakat.

Untuk penjelasan lebih lanjut Baca juga :










Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

Share this:

CONVERSATION