Perbedaan Istilah Wisata, Pariwisata, Kepariwisataan - Feel in Bali

Tuesday, April 9, 2019

Perbedaan Istilah Wisata, Pariwisata, Kepariwisataan



      Secara etimologis istilah Pariwisata berasal dari bahasa sangsekerta yang terdiri atas kata Pari dan wisata. Pari berarti banyak, berkali-kali, berputar-putar, lengkap sedangkan wisata berarti perjalanan, bepergian. Jadi Pariwisata diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan berkali-kali atau berputar-putar dari suatu tempat ke tempat lain. (Oka A. Yoeti, Pengantar Ilmu Pariwisata,1996,h.112)

       Selanjutnya Oka A. Yoeti (1996,h.118) menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor penting yang mau tidak mau harus ada di dalam batasan definisi pariwisata yaitu perjalanan itu dilakukan untuk sementara waktu, perjalanan tersebut dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya, apapun bentuknya perjalanan itu harus dikaitkan dengan pertamasyaan atau rekreasi, orang yang melakukan perjalanan tersebut tidak mencari nafkah ditempat yang dikunjunginya dan semata-mata menjadi konsumen ditempat tersebut. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan maksud bukan untuk berusaha atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna pertamasyaan dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beranekaragam.

    Menurut AJ. Burkart dan S. Medlik, pariwisata merupakan perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan-tujuan diluar tempat dimana biasanya mereka hidup dan bekerja, dan kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu. (Soekandijo, Anatomi Pariwisata, 1997 h.3)

      Selain Istilah wisata dan pariwisata sebagaimana penbahasan diatas, terdapat pula istilah Kepariwisataan. Menurut Prof. W. Hunzieker dan  Prof. K. Krapr, kepariwisataan adalah keseluruhan  daripada gejala-gejala yang ditimbulkan oleh perjalanan dan pendiaman orang-orang asing serta penyediaan tempat tinggal sementara, asalkan pemdiaman itu tidak tinggal menetap dan tidak memperoleh penghasilan dari aktifitas yang bersifat sementara itu.


Bali is BEAUTIFUL, Bali is FUN. There are a variety choices when you are having holiday in Bali. As well as sea and sand however Bali has a huge number of other attractions to enjoy such as temples, caves, waterfalls, lake, whitewater river for Bali rafting tours, museums, markets, safari & water park, zoo, bird park.
So what are you waiting for? LET'S VISIT BALI !
Click Here for more information