image1 image2 image3

HELLO I'M ENDRA YUDA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M BLOGGER FROM BALI|I HOPE THIS BLOG IS USEFUL

Pengertian, Konsekuensi dan Perlunya asas Legalitas




1. Pengertian asas Legalitas

Bunyi  asas Legalitas  Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) KUHP :
“tiada suatu perbuatan yang dapat dipidana, kecuali berdasarkan kekuatan peraturan perundang-undangan pidana yang telah ada dan berlaku sebelum perbuatan itu dilakukan”.

Arti asas ini adalah :
a. Tidak ada perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana kalau hal itu terlebih dahulu belum dinyatakan dalam suatu aturan undang-undang pidana.
b. Untuk menentukan adanya perbuatan pidana tidak boleh digunakan analogi.
c. Aturan-aturan hukum pidana tidak berlaku surut.
Makna :
Ketentuan pidana itu harus terlebih dahulu ada dari perbuatan itu, ketentuan pidana tersebut harus sudah berlaku ketika perbuatan itu dilakukan.

2. Konsekuensi Asas Legalitas
Aturan hukum pidana di Indonesia menjadi terkesan kaku karena aturan harus dalam bentuk tertulis. Dalam artian, tidak dapat dengan cepat mengikuti perkembangan masyarakat, dan lagi pula banyak perbuatan masyarakat yang patut dipidana, seperti dalam hukum adat yang masih hidup namun tidak dapat dijalankan karena tidak ada bandingannya dalam betuk tertulis.
Hukum Pidana menuut hukum adat tidak dapat dikodifikasi mengingat banyaknya perbedaan hukum adat di daerah yang satu dengan daerah yang lainnya

3. Perlunya asas legalitas dalam hukum pidana
Dari ketiga pengertian asas legalitas yang telah dipaparkan pada jawaban pertama, maka tampak betul bahwa asas legalitas ini berlatar belakang pada kepastian hukum yang berkaitan dengan perlindungan yang lebih konkret terhadap hak-hak warga yang berhadapan dengan kekuasaan pemerintahan Negara, yang konkretnya ialah untuk mecegah kesewenang-wenangan penguasa dalam bidang peradilan pidana.

artikel mengenai  "Perlunya Penafsiran dalam hukum pidana dan Makna dan implikasi asas Retroaktif dalam hukum pidana Indonesia" CLICK DISINI

ADVERTISE



Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

Share this:

CONVERSATION