image1 image2 image3

HELLO I'M ENDRA YUDA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M BLOGGER FROM BALI

Apakah pengertian dari kealpaan tersebut? dan Bagaimanakah menetapkan suatu kealpaan pada seseoarang?




Apakah pengertian dari kealpaan tersebut?
Undang-undang tidak memberi definisi apakah kelalain itu.

MvT mengatakan bahwa kelalaian (culpa) terletak antara sengaja dan kebetulan. Bagaimanapun juga culpa itu di pandang lebih ringan di banding dengan sengaja. Oleh karena itu Hazewinkelsuringa mengatakan bahwa delik culpa itu merupakan delik semu (quasidelict) sehingga di adakan pengurangan pidana. Bahwa culpa itu terletak antara sengaja dan kebutulan kata Hazewinkel-suringa di kenal pula di Negara-negara anglosaxon yang di sebut per infortunium the killing occurred accidently.

SIMONS mengatakan bahwa culpa itu pada dasarnya mempunyai 2 syarat :

a. Tidak ada kehati-hatian (het gemis van voorzichtigheid)
b. Kurangnya perhatian terhadap akibat yang mungkin timbul (het gemis van de voorzienbaarheid van het gevolg)

VAN HAMEL mengatakan 2 syarat pula :

a.  Tidak adanya praduga-duga yang diperlukan (het gemis aan de nodige voor zienigheid)
b. Tidak adanya kehati-hatian yang diperlukan (het gemis aan de nodige voor zichtigheid)


Bagaimanakah menetapkan suatu kealpaan pada seseoarang?

Cara menetapkan kealpaan pada seseorang sehingga ia dapat dinyatakan bersalah atau dicela,”orang tersebut harus ditentukan secara normatif, dan tidak secara psychis”.
Artinya tidaklah mungkin diketahui bagaimana sikap batin seseorang yang sesungguh-sungguhnya, maka haruslah ditetapkan dari luar bagaimana seharusnya ia berbuat dengan mengambil sikap batin orang pada umumnya apabila ada dalam situasi yang sama dengan si-pembuat itu.

Ditentukan secara normatif ialah ukurannya adalah yang berlaku di dalam masyarakat ialah apa yang seharusnya secara normal harus dilakukan atau tidak dilakukan oleh si-pelaku, ditentukan oleh hakim.
“orang pada umumnya” ini berarti ia harus orang biasa,seorang ahli biasa. Untuk adanya pemidanaan perlu adanya kekurang hati-hati yang cukup besar, jadi harus ada culpa lata dan bukan culpa levis (kealpaan yang sangat ringan).

artikel mengenai  "Bentuk-bentuk kealpaan apakah yang dikenal dalam hukum pidana?CLICK DISINI

ADVERTISE

Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

Share this:

CONVERSATION