image1 image2 image3

HELLO I'M ENDRA YUDA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M BLOGGER FROM BALI|I HOPE THIS BLOG IS USEFUL

Contoh Kasus Mengenai Struktur Sosial III (Sosiologi)


Kasus III
Masyarakat Tenganan Pagringsingan di Kabupaten Karangasem dikenal sebagai masyarakat asli, atau masyarakat Desa Kuno, karena struktur masyarakat dan pola budanyannya yang unik dan adapt istiadatnya tergolong adat kuno. Sekarang ini secara fisik desa ini telah banyak berubah antara lain, dengan difungsikannya bale-bale yang ada di pekarangan rumah sebagai “artshop”. Perubahan juga terlihat dari pola bersikap dan berprilaku, cara-cara berpakaian, juga dari penggunaan berbagai peralatan rumah tangga dan peralatan lainnya. Awig-awig yang sebelumnya begitu kuat dipertahankan, tampaknya belakangan ini telah terjadi pelanggaran, terutama dalam pemindahan hak atas tanah.


Analisa 3
1. Jelaskan perubahan social yang telah terjadi di Desa Tenganan Pagringsingan dengan menerapkan salah satu teori yang anda pilih.
Perubahan social yang terjadi di desa tenganan menggunakan teori sebab akibat yang menjelaskan tentang factor-faktor penyebab perubahan sosial dan kebudayaan. Ada faktor dari dalam dan factor dari luar. Faktor dalam nya itu berasal dari masyarakat itu sendiri , dan faktor dari luarnya adalah masuknya unsur kebudayaan lain yang menyebabkan perubahan pada masyarakat penerima. Adanya perubahan-perubahan tersebut mengakibatkan timbulnya konflik, sebaliknya konflik itu sendiir dapat pula mendorong terjadinya perubahan. Dari kasus diatas faktor dari dalam penyebab perubahan sosialnya adalah cara berpakaian masyarakat, prilakunya dan penggunaan alat-alat rumah tangga. Sedangkan untuk factor dari luarnya adalah adanya perubahan fisik  dari adapt tersebut yang adanya pengaruh dari luar yaitu berrubahnya bangunan-bangunan kuno menjadi artshop. Sehingga dari adanya factor-faktor penyebbab perubahan social diatas tersebut menyebabkan adanya konflik yaitu terjadinya pelanggaran terutama dalam pemindahan hak atas tanah.
2. Dalam proses perubahan sosial di sana pasti ada factor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial tersebut, adapun factor-faktornya adalah:
1. Bertambah atau berkurangnya penduduk
2.  Penemuan-penemuan baru
3. Pertentangan (conflict) Masyarakat
4. Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi

Suatu perubahan sosial dapat pula bersumber pada sebab-sebab yang berasal dari luar masyarakat  itu sendiri, anatara lain:
•         Sebab-sebab yang bersal dari lingkungan alam fisik yang ada di sekitar manusia
•         Peperangan
•         Pengaruh dari kebudayaan masyarakat lain

Dalam proses berjalanya perubahan sosial terdapat juga factor-factor yang mempengaruhinya:
  Kontak dengan kebudayaan lain
  System pendidikan formal yang maju
  Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju
  Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang yang merupakan delik
  System terbuka lapisan masyarakat
  Orientasi ke masa depan
Nilai bahwa manusia harus selalu berusaha untuk memperbaiki hidup.

Share this:

CONVERSATION