Skip to main content

Sistem Pemilu




a. Sistem pemilihan mekanis
Memandang rakyat sebagai massa individu yang sama sebagai satu kesatuan otonum dan negara/masyarakat dipandang sebagai komplek hubungan antar individu. Setiap individu memiliki hak dipilih dan memilih aktif yang mengeluarkan satu suara dalam setiap pemilihan. Sifat perwakilan yang dilahirkan adalah perwakilan politik. Sistem ini mengenal 2 cara:
1. Sistem perwakilan distrik
Dapat dilakukan dengan cara:
a. Wilayah negara dibagi  dalam daerah pemilihan yang disebut distrik-distrik pemilihan yang jumlahnya sam dengan jumlah anggota badan perwakilan rakyat.
b. Setiap distrik diwakili oleh 1 orang yang memperoeh suara mayoritas.
2. Sistem perwakilan proporsional
Sistem perwakilan dimana presentase kursi di badan perwakilan rakyat yang dibagikan kepada parati politik berdasarkan presentase jumlah suara yang diperoleh oleh tiap partai politik. Perolehan suara partai politik dihitung secara nassional dan dibagi berdasarkan presentase suara.
b. Sistem pemilihan organis
Menempatkan masyarakat sebagai satu kesatuan individu yang hidup bersama dalam berbagai macam kesatuan hidup berdasarkan : hubungan geneologis, fungsi ekonomi, industry.
My name is Putu Endra Yuda, a blogger from Bali . Bali is know as the island of the gods,so many tourists want to visit and enjoy beautiful of the island,both cultures,customs and natural. Thinking of going to Bali? Don't hesitate to contact me if you have questions or just looking for more information.
© 2020 Feel in Bali

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.