Skip to main content

Manajemen Strategi


ALTERNATIF STRATEGI

PENGERTIAN

  • SECARA UMUM, SETIAP PERUSAHAAN MEMILIKI STRATEGI TETAPI, TIDAK SEMUA PERUSAHAAN MENYADARI BAHWA  RENCANA DAN TINDAKAN YANG DIJALANKAN MERUPAKAN SALAH SATU DARI BERBAGAI ALTERNATIF STRATEGI YANG ADA 
  • STRATEGI YANG DIMAKSUD ADALAH STRATEGI UMUM (GRAND STRATEGY) ATAU STRATEGI GENERIK,  ATAU  DISEBUT JUGA SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN ATAU STRATEGI BISNIS
  • PEARCE DAN ROBINSON, STRATEGI UMUM (GRAND STRATEGY) MERUPAKAN RENCANA UMUM DAN MENYELURUH TENTANG TINDAKAN-TINDAKAN UTAMA YANG AKAN DILAKUKAN PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI SASARAN JANGKA PANJANGNYA 
  • STRATEGI KORPORASI ATAU BISNIS MEMBERIKAN ARAH BAGI TINDAKAN-TINDAKAN STRATEGIK 

JENIS-JENIS ALTERNATIF STRATEGI
STRATEGI INTEGRASI
STRATEGI INTENSIF
STRATEGI DIVERSIFIKASI
STRATEGI DEFENSIF
MERGER DAN LEVERAGE BUYOUT


STRATEGI INTEGRASI

FORWARD INTEGRATION (INTEGRASI KE HILIR)
Melakukan perluasan usaha pada bidang usaha yang sebelumnya menjadi bidang usaha distributor atau pengecer. Hal ini dapat dilakukan dengan merger, akuisisi dan waralaba (franchising)
Pedoman Strategi Forward Yang efektif

  • Distributor sangat mahal atau tidak dapat diandalkan, atau tidak dapat memenuhi kebutuhan pasokan perusahaan
  • Keberadaan distributor berkualitas sangat terbatas
  • Suatu organisasi bersaing dalam industri yang tumbuh dan diharapkan akan terus tumbuh dengan pesat
  • Organisasi mempunyai modal maupun sumber daya manusia yang memadai
  • Proses produksi sangat stabil
  • Distributor dan pengecer saat ini mempunyai margin keuntungan yang tinggi


BACKWARD INTEGRATION (INTEGRASI KE HULU)
Melakukan perluasan usaha yang sebelumnya menjadi bidang usaha pemasok. Hal ini dapat dilakukan dengan merger atau akuisisi
Pedoman Strategi Backward Yang efektif
Pemasok yang ada saat ini sangat mahal, atau tidak dapat diandalkan
Jumlah pemasok kecil, sedangkan jumlah pesaing besar
Organisasi bersaing dalam industri yang tumbuh cepat
Organisasi mempunyai modal dan surnber daya manusia yang memadai
Kestabilan harga menjadi sangat penting
Para pemasok saat ini mempunyai margin keuntungan yang tinggi
Suatu organisasi  membutuhkan sumberdaya dengan cepat

HORIZONTAL INTEGRATION
Merujuk pada strategi mencari kepemilikan dari atau kendali lebih besar atas perusahaan pesaing
Pedoman Strategi Horizontzl Yang efektif
Organisasi sepertinya ingin memonopoli di suatu kawasan atau daerah tertentu
Organisasi bersaing dalam industri yang sedang tumbuh
Naiknya skala ekonomi menjadi keunggulan kompetitif yang besar bagi organisasi
Organisasi mempunyai modal maupun sumber daya manusia yang memadai
Para pesaing mengalami kesulitan karena kurangnya keahlian manajerial atau sumber daya organisasi

KELEMAHAN STRATEGI INTEGRASI

  1. Terkonsentrasinya bisnis dalam satu tipe kegiatan 
  2. Mengerahkan sagala kemampuan bisnis untuk menghasilkan dan memasarkan hanya satu produk tertentu 
  3. Hanya tergantung pada satu produk tertentu, akan menimbulkan kesulian untuk beradaptasi jika terjadi perubahan 
  4. Risiko bersumber pada bertambahnya komitmen terhadap satu jenis bisnis  (horizontal)


STRATEGI INTENSIF

MARKET PENETRATION

  • Meningkatkan pangsa pasar untuk produk/jasa yang sudah ada melelui usaha pemasaran yang lebih gencar
  • Kondisi-kondisi yang mendukung :


  1. Industri di mana perusahaan beroperasi resisten terhadap kemajuan teknologi
  2. Pasar sasaran perusahaan belum jenuh 
  3. Pasar produk  perusahaan cukup berbeda (distinctive) 
  4. Input yang digunakan perusahaan stabil dalam harga, kuantitas serta selalu tersedia dalam jumlah dan pada waktu yang dibutuhkan 


MARKET DEVELOPMENT

  • Menambah jangkauan pemasaran dari produk sekarang ke wilayah atau segmen pasar baru
  • Kapan strategi dapat diterapkan secara efektif 


  1. Ketika ada saluran-saluran distribusi yang dapat  diandalkan, murah, dan bermutu baik
  2. Ketika organisasi sangat berhasil dalam hal yang dikerjakannya 
  3. Ketika ada pasar baru yang belum dimanfaatkan dan belum jenuh 
  4. Ketika organisasi mempunyai modal  maupun sumber daya manusia yang diperlukan untuk mengelola operasi yang semakin besar 


PRODUCT DEVELOPMENT

  • Melakukan perubahan atas produk secara substansial, bahkan sampai pada pengembangan produk baru, yang mana masih terkait dengan produk sekarang.
  • Pedoman kapan strategi ini  efektif diterapkan 

1. Organisasi mempunyai produk sukses yang mencapai tahap kematangan dalam daur hidupnya
2. Organisasi bersaing dalam industri di mana perkembangan teknologi terjadi sangat cepat
3. Pesaing utama menawarkan produk dengan mutu lebih baik dan harga yang sebanding
4. Organisasi bersaing dalam industri yang tumbuh cepat
5. Organisasi mempunyai kemampuan penelitian dan pengembangan yang sangat kuat



DIVERSIFICATION

  • Mengembangkan pasar dengan menciptakan produk baru
  • Tiga Jenis Strategi :

1. Diversifikasi Konsentrik (Concentric diversification)
2. Diversifikasi Horisontal
3. Diversifikasi Konglomerat (Cnglomerate diversification)

Diversifikasi Konsentrik (Concentric diversification)

  • Penambahan unit usaha baru yang masih memiliki keterkaitan, langsung atau tidak langsung, dengan bidang usaha sebelumnya
  • Pedoman kapan diversifikasi 

1. Organisasi bersaing dalam industri yang tidak tumbuh
2. Menambah produk baru, namun masih terkait
3. Produk baru, namun masih terkait, dapat ditawarkan dengan haega yang sangat bersaing
4. Produk baru, namun masih terkait mempunyai frekuensi penjualan musiman
5. Produk-produk perusahaan saat ini dalam tahap daur hidup produk  yang menurun
6. Organisasi mempunyai tim  manajemen yang kuat

Diversifikasi Horisontal

  • Menambah produk atau jasa baru yang tidak terkait untuk pelanggan yang sudah  ada
  • Pedoman Stratetgi


  1. pendapatan perusahaan yang berasal dari produk atau jasa yang ada dapat meningkat secara signifikan 
  2. organisasi bersaing dalam industri yang sangat kompetitif dan atau tidak tumbuh 
  3. saluran distribusi organisasi tersebut saat ini dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk baru bagi para pelanggan yang sudah ada 
  4. produk-produk baru tersebut mempunyai pola penjualan yang siklus-nya berbeda dengan produk-produk organisasi tersebut saat ini 

Diversifikasi Konglomerat (Cnglomerate diversification)

  • Melakukan ekspansi usaha dengan membangun unit usaha strategis baru pada bidang usaha yang sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan bidang usaha sekarang 
  • Pedoman strategi


  1. Industri dasar mengalami penjualan dan laba yang merosot 
  2. Organisasi mempunyai sumberdaya untuk bersaing dalam industri 
  3. Organisasi mempunyai peluang untuk membeli bisnis yang tidak terkait
  4. Ada sinergi finansial antara perusahaan yang diakuisisi dengan peruhaan yang mengakuisisi 
  5. Pasar yang ada untuk produk organisasi saat ini telah jenuh 
  6. Tindakan anti-monopoli {antitrust) dapat dilakukan terhadap organisasi yang secara historis memusatkan perhatian pada satu industri saja 


STRATEGI DIVERSIFIKASI

RELATED (CONCENTRIC) DIVERSIFICATION
Ekspansi usaha dengan menambah unit usaha baru yang masih memiliki keterkaitan (pemasaran, operasional dan manajemen) dengan bidang usaha sebelumnya baik langsung/tidak
UNRELATED (CONGLOMERATE) DIVERSIFICATION
Ekspansi usaha denan membangun unit usaha strategis baru pada bidang usaha yang sama sekali tidak ada kaitannya denan usaha sebelumnya


STRATEGI DEFENSIF
1. Turn A Round (Strategi Penyehatan)
Memulihkan kondisi bisnis yang mengalami penurunan kinerja dengan melakukan salah satu atau kombinasi dari reduksi biaya dan reduksi aset
2. Strategi Pengurangan (rentrenchment)
melakukan penghematan biaya dengan cara mengurangi sebagian dari asset per­usahaan untuk menanggulangi turunnya penjualan dan keuntungan
3. Strategi Pelepasan (divestiture)
penjualan suatu perusahaan atau sebagian dari komponen perusahan kepada perusahaan lain
4. Likuidasi
5. Usaha Patungan
Dua atau lebih perusahaan membentuk kemitraan atau konsorsium dengan tujuan kapitalisasi.
Dua atau lebih perusahaan sponsor membentuk organisasi baru dan berbagi kepemilikan modal
Aliansi Strategik (strategic alliance)
berbeda dengan usaha patungan, karena perusahaan yang terlibat tidak saling memiliki saham di perusahaan mitranya
Contoh : persetujuan lisensi (licensing agreement) atau waralaba.

MERGER
DUA BUAH ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN BERGABUNG MENJADI SATU PERUSAHAAN BARU

AKUISISI
ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN BESAR MEMBELI ORGANISASI ATAU PERUSAHAAN YANG LEBIH KECIL ATAU SEBALIKNYA





Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now


My name is Putu Endra Yuda, a blogger from Bali . Bali is know as the island of the gods,so many tourists want to visit and enjoy beautiful of the island,both cultures,customs and natural. Thinking of going to Bali? Don't hesitate to contact me if you have questions or just looking for more information.
© 2020 Feel in Bali

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.