image1 image2 image3

HELLO I'M ENDRA YUDA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I'M BLOGGER FROM BALI|I HOPE THIS BLOG IS USEFUL

Proses Bisnis Pengelolaan Pesanan Pelanggan

Tinjauan 
Proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan meliputi aktivitas:
Permintaan informasi (pilihan)
Pembuatan kontrak (pilihan)
Penerimaan pesanan
Pengiriman
Penagihan

Permintaan informasi dan pembuatan kontrak adalah aktivitas pilihan. Penerimaan, pesanan, pengiriman dan penagihan adalah aktivitas yang penting pada semua organisasi. Pengisian pesanan adalah fungsi utama dari proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan. Pesanan dibuat ketika seorang pelanggan meminta barang atau jasa dari suatu perusahaan.


Permintaan informasi
Proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan sering dimulai dengan suatu permintaan informasi dari pelanggan atau permintaan dari suatu quotation.
Quotation adalah sebuah dokumen yang disiapkan dan dikirimkan ke pelanggan potensial guna memberikan informasi mengenai produk, harga, ketersediaan produk dan informasi pengiriman. Quotation disiapkan ketika pelanggan potensial meminta secara khusus informasi secara rinci mengenai pesanan potensialnya.

Pembuatan kontrak
Beberapa perusahaan memerlukan kontrak (perjanjian lagal) yang disiapkan sebelum menjual kepada pelanggan sebagai suatu kebijakan perusahaan.
Kontrak adalah suatu perjanjian untuk menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan. Kontrak biasanya menyebutkan kuantitas dan jadwal waktu pengirimannya.rincian pesanan seperti tanggal pengiriman ataupun harga ditentukan kemudian, ketika pelanggan melakukan pesanan. Kontrak yang berisi perjanjian mengenai penyediaan suatu barang pada periode tertentu disebut blanket order.

Memasukkan pesanan
Memasukkan pesanan atau order entry menyiapkan dokumen pesanan penjualan. Aktivitas order entry pada dasarnya sama, apakah sebagai aktivitas yang pertama dalam proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan atau terjadi sebagai bagian dari permintaan informasi, menyiapkan kontrak, atau keduanya. Dokumen yang berbeda atau sama akan disiapkan ketika pelanggan meminta pengiriman barang yang sudah dirincikan dalam kontrak.
Penerimaan pesanan biasanya berisi penentuan harga dan pemeriksaan ketersediaan barang. Penentuan harga suatu pesanan yaitu mengetahui harga terkini dari produk atau jasa, biaya tambahan, diskon ataupun biaya pengiriman. Sistem informasi enterprise resource planning (ERP) memungkinkan implemmentasi prosedur penentuan harga yang canggih dan fleksibel antara pelanggan dan barang spesifik.
Pengiriman
Aktivitas pengiriman diawali dengan menyiapkan dokumen pengiriman yang disebut delivery. Dokumen delivery dibuat untuk mengatur pengiriman barang ke pelanggan. Semua informasi yang dibutuhkan untuk menyiapkan dan mengirimkan barang kepada pelanggan   ada di dalam delivery.
Dokumen delivery diproses untuk menyiapkan jadwal (daftar kerja) pengiriman. Barang yang dikeluarkan dari persediaan untuk pengiriman memerlukan dokumen pengambilan pesanan, pengepakan pesanan, dan posting pengiriman. Pengambilan pesanan mencakup proses memilih barang dari pabrik atau gudang sesuai dengan pesanan. Pengepakan barang mencakup menyiapkan barang sampai ke kendaraan angkutan yang membawa sampai ke pelanggan. Daftar pengepakan disiapkan untuk setiap pengiriman dan tembusannya diikutkan dalam pengiriman. Bill of lading disiapkan sebagai dokumen untuk pengangkutan barang ke kendaraan angkutan sampai ke pelanggan.

Penagihan
Dokumen delivery dimasukkan dalam jadwal penagihan dan difakturkan. ERP membuat banyak salinan data yang digunakan untuk penagihan dari dokumen pesanan penjualan pelanggan atau dokumen delivery pelanggan. Pembuatan faktur ini adalah akhir proses bisnis pengelolaan pesanan.

Ilustrasi ERP

Sistem ERP mampu menyimpan dan memproses sejumlah informasi yang sangat besar yang berkaitan dengan proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan. Bagian ini akan membahas secara ringkas data yang disimpan dan diproses dalam proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan dengan menggunakan SAP R/3. Proses bisnis pengelolaan pesanan pelanggan adalah bagian dari modul penjualan.

Record Master Pelanggan
Record master pelanggan berisi semua informasi yang berkaitan dengan pelanggan. Record master pelanggan dibuat sebelum proses pesanan penjualan dalam R/3 karena informasi dalam record master pelanggan digunakan dalam proses pesanan penjualan. SAP R/3 membutuhkan 4 macam record master :
1. record penjualan ke pelanggan
2. record pengiriman ke pelanggan
3. record penagihan ke pelanggan
4. record pembayaran pelanggan

ketika record master penjualan ke pelanggan dibuat, ketiga record master yang lain akan secara otomatis dibuat dengan menggunakan informasi yang sama. Ketika seorang pelanggan memiliki lokasi yang berbeda untuk penerimaan, pengiriman, dan atau pembayaran, informasi record tersebut dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan.
Hierarki pelanggan adalah representasi dari struktur organisasi pelanggan yang menentukan informasi harga yang digunakan dalam R/3. hierarki pelanggan terdiri dari saluran  distribusi, jenis industri, dan lokasi geografis.

Field Data
Record master pelanggan dibuat dengan memasukkan informasi ke dalam R/3. R/3 mengarahkan proses input dengan menunjukkan urutan isian pada layar monitor . setiap layar digunakan untuk mengumpulkan kategori data yang berkaitan dengan pelanggan.

Create Customer: Initial Screen
Layar awal ini memerlukan masukan kode pelanggan yang digunakan sebagai identitas unik record master pelanggan. Kode ini dapat ditetapkan secara internal dan eksternal. Tambahan input dibutuhkan untuk kode perusahaan dan data organisasi yang mengidentifikasi wilayah penjualan. Wilayah penjualan diiddentifikasikan dengan 3 field: organisasi penjualan, saluran distribusi, dan devisi. Organisasi penjualan adalah unit perusahaan yang brtanggung jawab terhadap penjualan.saluran distribusi mencakup penjualan langsung, eceran, dan penjualan jumlah besar. Devisi adalah kode yang mengidentifikasikan suatu subgrup dalam organisasi penjualan.

Create Customer: Customer Address
Layar awal ini memerlukan masukan alamat pelanggan yang berupa teks. Field pencarian digunakan untuk memasukkan suatu frase yang dapat digunakan untuk mencari perusahaan ketika kode perusahaan dibutuhkan untuk masukan. Field input disediakan untuk alamat, kotak pos, kota, propinsi (negara bagian), kode pos (atau zip) dan negara. Input dibutuhkan untuk field kota, kode pos dan negara.

Create Customer: Control Data Screen
Field yang dimasukkan pada layar ini tergantung pada kebutuhan khusus perusahaan. Satu-satunya field yang diperlukan adalah field area transportasi, yang mengidentifikasikan wilayah regional dimana pengangkutan dialokasikan. Beberapa field lain yang mungkin dimasukkan untuk menyediakan informasi adalah nomor lokasi, industri, stasiun kereta api, stasiun ekspress, dan kode lokasi. Bagian pengendalian rekening menyediakan field untuk pemasok, kongsi dagang, otorisasi dan kunci grup. Bagian informasi pajak menyediakan field kode pajak, alamat fiskal, kode propinsi, kode kota, pajak equalization, pemilik tunggal, pajak penjualan/pembelian, nomer registrasi VAT, dan kode yurisdiksi pajak.

Create Customer: Marketing
Layar ini digunakan untuk memasukkan data statistik dan demografi mengenai pelanggan. Field digunakan untuk mengumpulkan kode untuk klasifikasi pelanggan, industri, dan wilayah. Bagian Operating Figure digunakan untuk mengumpulkan data statistik seperti penjualan tahunan dari pelanggan dan jumlah karyawannya.

Create Customer: Payment Transaction
Layar ini digunakan untuk memasukkan informasi bank pelanggn. Field yang disediakan adalah kode negara bank, kunci bank, nomer rekening bank, ribcian referensi, dan rincian lainnya.

Create Customer: Unloading Points
Layar ini digunakan untuk memasukkan dimana barang yang diterima pelanggan belum dibongkar dan untuk memasukkan factory calendar milik pelanggan, yang menentukan tanggal dan jam penerimaan barang oleh pelanggan.

Create Customer: Foreign Trade
Layar ini digunakan untuk emasukkan data yang berkaitan dengan pengendalian ekspor.

Create Customer: Contact Person
Layar ini digunakan untuk memasukkan data yang berkaitan dengan orang kontak. Field disediakan untuk nama, nomer telepon, formulir untuk alamat (seperti ”MR”) dan kode departemen.

Create Customer: Account Management
Layar ini digunakan untuk spesifikasi data rekening rekonsiliasi. Rekening rekonsiliasi adalah rekening buku besar yang diperbarui secara paralel dengan posting piutang dagang. Rekening ini adalah pengendalian yang digunakan untuk rekonsiliasi.

Create Customer: Payment Transaction
Layar ini mengumpulkan data untuk transaksi pembayaran, termasuk transaksipembayaran secara otomatis. Field pembayaran menentukan diskon kas dan periode pembayaran yang berisi ringkasan seluruh pembayaran. Layar ini dapat menentukan sejarah pembayaran yang akan terus dipelihara dengan memeriksa field khusus.

Create Customer: Correspondence
Layar ini dapat digunakan untuk membangun suatu dunning procedure dan koresponden lain dengan pelanggan. Dunning procedure adalah tindakan yang dilakukan untuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan yang terlambat melakukan pembayaran. Layar ini dapat menentukan gambaran pelanggan yang akan menerima peringatan dunning, juga klerikal akuntansi yang menangani faktur dan dunning.

Create Customer: Insurance
Layar ini digunakan untuk memasukkan data yang berkaitan dengan asuransi kredit ekspor. Field ini disesiakan untuk kebijakan nomer, jumlah asuransi, perusahaan asuransi, bulan, dan presentase pengurangan.

Create Customer: Sales
Layar ini digunakan untuk mengidentifikasi wilayah dalam perusahaan yang bertanggung jawab kepada pelanggan. Layar ini menentukan rosedur penentuan harga, yang merupakan istilah R/3 untuk tipe dan urutan kondisi penentuan harga untuk pesanan penjualan. Juga dapat menentukan tipe daftar harga grosir atau eceran.

Create Customer: Shipping
Layar ini digunakan untuk menentukan pengiriman rinci. Kode kondisi pengiriman dimasukkan untuk meilih strategi umum pengiriman yang telah di definisikan oleh perusahaan. Field-field yang disediakan untuk kode pabrik pengiriman  dan prioritas pengiriman. Field pengiriman yang telah dilakukan dipilih jika pengiriman ke pelanggan harus dikirim sekaligus.

Create Customer: Billing
Layar ini digunakan untuk memasukkan data mengenai penagihan.

The reason you Been to Bali
Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

Share this:

CONVERSATION