Skip to main content

Contoh Kelainan Metabolisme : KELAINAN METABOLISME ZAT HIDRAT ARANG




V. KELAINAN METABOLISME ZAT HIDRAT ARANG

Dalam katagori ini terdapat dua jenis penyakit turunan. Yang pertama ialah galactosemia ( adanya susu dalam darah) di mana tubuh bayi tidak sanggup mengubah zat hidrat arang (galaktosa menjadi glukosa) karena tidak ada enzim yang diperlukan. Bayi yang mengidap penyakit ini kelihatan normal sewaktu dilahirkan, tetapi beberapa hari kemudian dia mendapat kesulitan makan dan mulailah muntah-muntah. Kalau penyakit itu tidak ditanggulangi, maka anak itu akan mati kelaparan. Pengobatannya sederhana : hindarkanlah makanan yang mengandung susu. Dilarang keras memberikan makanan susu atau yang berasal dari susu. Walaupun anak itu masih bayi, lebih baik berikan makanan tanpa susu.

Penyakit yang kedua ialah penimbinan glycogen (hidrat arang putih seperti kanji). Biasanya ini membahayakan dalam waktu satu atau dua tahun setelah di lahir, karena tubuh bayi tidak sanggup mengubah glukosa menjadi glycogen (dua bentuk zat hidrat arang) dan sebaiknya, sehingga jaringan tubuh mengandung glycogen yang berlebihan. Gejalanya ialah lemas dan kadar gula rendah dalam darah dapat ditingkatkan dengan sering memberikan makan anak itu. Kalau anak itu bisa bertahan sampai anak-anak, maka keadaannya akan membaik lambat laun.
My name is Putu Endra Yuda, a blogger from Bali . Bali is know as the island of the gods,so many tourists want to visit and enjoy beautiful of the island,both cultures,customs and natural. Thinking of going to Bali? Don't hesitate to contact me if you have questions or just looking for more information.
© 2020 Feel in Bali

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.