Skip to main content

Contoh Kasus Mengenai Struktur Sosial IV (Sosiologi)


Kasus 4
Dewasa ini masyarakat prilaku bunuh diri meningkat. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya berita tentang bunuh diri di media massa. Prilaku bunuh diri buka hanya dilakukan oleh orang dewasa akan tetapi juga kakek nenek, maupun anak-anak.







Analisa kasus  4
Berdasarkan kasus bunuh diri  kita meneliti dengan menggunakan metode kwalitatif yaitu suatu metode  yang dalam pelaksanaanya baik dalam pengumpulan,pengolahan maupun anlisis, tidak menggunakan bahan-bahan dan cara yang dapat diukur dengan jangka. Adapun didalam metode kwalitatif ada 3 metode lagi yaitu metode histories, metode komparatif dan metode studi kasus. Dari peristiwa pembunuhan tersebut dapat digunakan metode study kasus yang merupakan metode yang dapat digunakan untuk menelaah suatu keadaan, kelompok, keluarga, masyarakat maupun individu. Metode ini digunakan untuk mempelajari sedalam-dalamnya salah satu gejala nyata dalam kehidupan masyarakat. Biasanya peristiwa yang dijadikan objek study kasus adalah peristiwa/keadaan  yang unik. Misalnya kasus bunuh diri. Yang dimana metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan wawancara secara mendalam, wawancara yang dilakukan dengan menyerahkan sepenuhnya kepada interview untuk mengemukakan secara bebas tentang informasi yang diperlukan, kuesioner dan observasi partisipasi.


My name is Putu Endra Yuda, a blogger from Bali . Bali is know as the island of the gods,so many tourists want to visit and enjoy beautiful of the island,both cultures,customs and natural. Thinking of going to Bali? Don't hesitate to contact me if you have questions or just looking for more information.
© 2020 Feel in Bali

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.