Sunday, March 10, 2013

SAHAM TREASURI DAN MODAL SUMBANGAN


Saham treasuri merupakan saham milik perusahaan penerbit yang diperoleh kembali, dan saham yang diperoleh kembali tersebut dinamakan dengan saham treasuri. Saham treasuri yang sudah diperoleh dapat dilepas kembali atau ditarik.



Hal-hal yang perlu diingat dan diketahui:
*      Saham yang diperoleh kembali tidak boleh dianggap sebagai aktiva; malahan harus dilaporkan sebagai pengurang dari total ekuitas.
*      Tidak ada laba/rugi dari perolehan kembali, pelepasan kembali, atau penarikan saham yang diperoleh kembali.
*      laba ditahan dapat berkurang dari transaksi perolehan kembali saham tetapi tidak pernah bertambah karena transaksi ini.

Dua metode pencatatan saham yang diperoleh kembali yang diterima umum saat ini adalah:
*      Metode biaya, menghasilkan pendebetan akun Saham Treasuri untuk biaya reakuisisi, serta dalam pelaporan akun ini sebagai suatu pengurangan dari total modal disetor dan laba di tahan di neraca.
*      Metode Nilai Pari, mencatat semua transaksi saham treasuri pada nilai parinya dan melaporkan saham treasuri hanya sebagai pengurang atas modal saham.


Penjualan Saham Treasuri

Penjualan Saham Treasuri di Atas Harga Pokok. Apabila harga jual saham treasuri lebih besar dari harga pokoknya, maka perbedaan ini dikredit ke Modal Disetor dari Saham Treasuri. Untuk ilustrasi, anggaplah bahwa 1.000 lembar saham treasuri Pasicif Company yang diperoleh sebelumnya pada $11 per saham dijual dengan harga $15 per saham pada tanggal 10 Maret.

Ayat jurnal :
            Kas                                             15.000
                Saham Treasuri                                        11.000
                Modal Disetor dari Saham Treasuri                     4.000

Penjualan Saham Treasuri di Bawah Harga Pokok. Apabila saham treasuri dijual di bawah harga pokoknya, maka kelebihan harga pokok atas harga jual biasanya didebet ke Modal Disetor dari Saham Treasuri. Jadi, jika Pasicif Company menjual 1.000 lembar saham treasuri tambahan pada tanggal 21 Maret pada harga $8 per saham, maka ayat jurnal :
Kas                                             8.000
Modal Disetor dari Saham Treasuri           3.000
                Saham Treasuri                                        11.000


MODAL SUMBANGAN
Adalah modal yang diperoleh kembali dari sumbangan saham, termasuk selisih antara nilai yang tercatat dari harga jual apabila saham tersebut dijual. 


Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

0 comments:

Post a Comment