Tuesday, February 26, 2013

ETIKA DISKRIMINASI PEKERJAAN dan Apa itu sifat diskriminasi pekerjaan?


Seperti apa yang telah kita ketahui, debat tentang apa arti kesamaan hak dan bagaimana mempertahankannya telah berlangsung lamadan sengit. Kontroversi muncul seputar penderitaan yang dialami kaum minoritas, perlakuan tidak adil terhadap kaum perempuan, dan akibat-akibat merugikan yang dialami oleh kaum pria kulit putih akibat preferensi terhadap perempuan dan minoritas. Perdebatan yang terus berlanjut tentang ras dan gender sebagai dasar besar difokuskan pada bidang bisnis. Ini memang tidak bisa dihindari yaitu diskriminasi rasial dan seksual telah lama ada dalam sejarah bisnis, dan dalam bidang inilah praktik-praktik diskriminasi memiliki pengaruh yang paling besar dan bertahan lama.

Mungkin persoalan sosial lainnya saat ini, telah masuk ke dalam masalah-masalah etis yaitu istilah-istilah keadilan, kesamaan hak, rasisme, hak dan diskriminasi selalu dalam setiap perdebatan yang ada. Bab ini menganalisa berbagai sisi masalah etis, yang diawali dengan mempelajari sifat dan tingkat diskriminasi, dan dilanjutkan dengan pembahasan tentang aspek-aspek diskriminasi, tindakan afirmatif dan terakhir tentang peraturan yang terkait.


Apa itu sifat diskriminasi pekerjaan?



2.1 Sifat Diskriminasi Pekerjaan
Arti dasar diskriminasi adalah membedakan satu objek dengan objek lainnya, suatu tindakan yang secara moral adalah netral dan tidak dapat disalahkan. Dalam pengertian modern, istilah diskriminasi secara moral tidak netral, karena biasanya mengacu pada tindakan membedakan seseorang dari orang lain bukan berdasarkan keunggulan yang dimiliki, namun berdasarkan prasangka atau berdasarkan sikap-sikap yang secara moral tercela. Melakukan diskriminasi tenaga kerja berarti membuat serangkaian keputusan yang merugikan pegawai sebagai anggota kelompok tertentu karena adanya prasangka yang secara moral tidak dibenarkan terhadap kelompok tersebut. Ada 3 elemen dasar diskriminasi dalam ketenagakerjaan, yaitu :
1. Keputusan yang merugikan seorang pegawai atau lebih karena bukan didasarkan pada kemampuan yang dimilikinya.
2. Keputusan yang diambil berdasarkan prasangka rasial atau seksual, stereotipe yang salah, atau sikap lain yang secara moral tidak benar terhadap anggota kelompok tertentu dimana pegawai tersebut berasal.
3. Keputusan yang memiliki pengaruh negatif atau merugikan pada kepentingan-kepentingan pegawai yang dapat mengakibatkan mereka kehilangan pekerjaan, kesempatan memperoleh kenaikan pangkat, atau gaji yang lebih baik.
Bentuk-bentuk Diskriminasi : Aspek Kesengajaan dan Aspek Institusional
1. Tindakan diskriminatif yang dilakukan secara sengaja dan terpisah (tidak terinstitusionalisasikan) merupakan bagian dari perilaku yang terpisah dari seseorang yang dengan sengaja dan sadar melakukan diskriminasi karena adanya prasangka pribadi.
2. Tindakan diskriminatif yang terjadi secara tidak disengaja dan terinstitusionalisasikan.


Simpulan
Dari pembahasan yang sudah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya, kami dapat menyimpulkan bahwa :
a. Ada 3 elemen dasar diskriminasi dalam ketenagakerjaan, yaitu :keputusan yang merugikan seorang pegawai atau lebih karena bukan didasarkan pada kemampuan yang dimilikinya, keputusan yang diambil berdasarkan prasangka rasial atau seksual, stereotipe yang salah, atau sikap lain yang secara moral tidak benar terhadap anggota kelompok tertentu dimana pegawai tersebut berasal, dan keputusan yang memiliki pengaruh negatif atau merugikan pada kepentingan-kepentingan pegawai yang dapat mengakibatkan mereka kehilangan pekerjaan, kesempatan memperoleh kenaikan pangkat, atau gaji yang lebih baik.
b. Ada tiga perbandingan yang bisa membuktikan tingkat diskriminasi: perbandingan atas keuntungan rata-rata yang diberikan institusi pada kelompok yang terdiskriminasi dengan keuntungan rata-rata yang diberikan pada kelompok lain, perbandingan atas proporsi kelompok yang terdiskriminasi yang terdapat dalam tingkt yang sama, dan perbandingan proporsi dari anggota kelompok tersebut yang memegang jabatan yang lebih menguntungkan dengan proporsi kelompok lain pada jabatan yang sama.
c. Diskriminasi dapat dilihat dari utilitas, hak, keadilan, praktik diskriminatif, pelecehan seksual, di luar ras dan jenis kelamin :kelompok lain.
d. Inti program afirmatif adalah penyelidikan yang mendetail atas semua klasifikasi pekerjaan besar dalam perusahaan untuk menentukan apakah jumlah pegawai perempuan dan minoritas dalam klasifikasi kerja tertentu lebih kecil bila dibandingkan dengan tingkat ketersediaan tenaga kerja di wilayah tempat kerja direkrut.
e. Peraturan perundang-undangan yang terkait etika diskriminasi pekerjaan di Indonesia yang telah  meratifikasikan Konvensi No.111 Tahun 1958 tentang Larangan Diskriminasi di Bidang Pekerjaan dan Jabatan dengan Undang-undang No. 21 tanggal 7 Mei 1999.

Saran
Dari pembahasan sebelumnya, kami dapat memberikan saran-saran sebagai berikut :
a. Kepada pebisnis (perusahaan) diharapkan untuk lebih memperhatikan distibusi pekerjaan agar tidak terjadi diskriminasi dalam pekerjaan.
b. Kepada pemerintah, untuk lebih memberikan pengarahan dan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan diskriminasi di bidang pekerjaan.


BACA JUGA :    




Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

0 comments:

Post a Comment

Free Backlinks