Monday, February 4, 2013

Contoh Kasus Hukum Pidana


Sebuah pesawat terbang Quantas mendarat darurat di Tokyo dengan alasan pilot pesawat yang berkewarganegaraan inggris dalam keadaan terluka berat setelah dianiaya oleh seorang penumpangYang berkewarganegaraan Indonesia. Kasus ini sementara ditangani oleh kepolisian jepang, sementara itu pihak Australia merasa berhak untuk mengadili kerena pesawat Quantas merupakan pesawat Australia, demikian pula dengan Indonesia,yang mengatakan berhak mengadili kasus tersebut karena yang melakukan penganiayaan adalah warga negaranya.

Jika kita lihat dalam kasus ini. Australialah yang berhak untuk mengadili.
Jika kita tinjau dari hal yuridiksi, Yang terpokok adalah tentang wilayah dalam hubungannya dengan berlakunya undang-undang pidana. Tolak pikir  untuk menerapakan yurisdiksi teritorial adalah bahwa setiap negara yang berdaulat wajib memelihara sendiri ketertiban umum wilayahnya. Ini tercantum dalam pasal 2 KUHP yang berbunyi: aturan pidana dalam undang-undang Indonesia berlaku bagi setiap orang yang melakukan suatu tindak pidana di wilayah Indonesia. Yang diutamakan dalam hal ini adalah wilayah dimana tindak pidana dilakukan,tanpa melihat kepada kewarganegaraan pelaku tindak pidana tersebut. Yurisdiksi  diperluas berlakunya dalam pasal empat rancangan yang menganggap kendaraan air, pesawat udara, pesawat luar angkasa sebagai wilayah Indonesia. Dalam UU No.4 tahun 1976 dengan “pesawat  udara Indonesia” dimaksudkan bukan hanya pesawat udara yang didaftarkan di Indonesia,tetapi juga pesawat asing yang disewa oleh orang, lembaga atau pemerintah Indonesia dalam waktu lama tanpa awak pesawat( dry leased) dan dioperasikan oleh perusahaan penerbangan Indonesia.
Maksud dari perumusan pasal ini didasarkan pada alasan bahwa apabila dilakukan tindak pidana dalam pesawat udara yang demikian itu, maka sebagian dari saksi awak pesawat adalah warga begara Indonesia. Hal demikian akan memudahkan pelaksanaan peradilan mengenai tindak pidana tersebut.

WHY YOU MUST VISIT TO BALI?

Bali is a beautiful island and have a lot of unique culture. Your tour will be really fun, enjoyable and get Cheap Bali Tour Packages with number one service for your trip. Here you can choice your Bali private tour our Bali Tour package, Bali Traditional tours, Bali Spa, etc with cheap price, but good service with profesional, and friendly. Fear of tour travel agents who give bad service and making you lose money and effort? fear of bad, evil travel tour agent who will harm you?  CLICK HERE to Book It Now

0 comments:

Post a Comment